KATA PENGANTAR
Puji syukur
kami panjatkan kepada Allah SWT, karena Kelompok Kerja (POKJA) Prakerin SMK
Negeri 1 Robatal dapat menyelesaikan Panduan Pelaksanaan Praktek Kerja Industri
semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016.
Panduan
Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Tahun Pelajaran 2015/2016 berisi panduan
pelaskanaan Prakerin yang meliputi berbagai hal yang berhubungan dengan Prakerin
sehingga bermanfaat bagi siswa, guru, sekolah dan industri pasangan. Hal ini
diharapkan selaras dengan kebijakan pokok Departemen Pendidikan Nasional untuk
mewujudkan (1) pemerataan dan perluasan akses pendidikan, (2) peningkatan mutu,
relevansi , dan daya saing (3) penguatan tata kelola, akuntabilitas dan
pencitraan publik, menjadi acuan dasar perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi
progaram-program Direktorat Pembinaan
SMK.
Kepada semua
pihak yang telah memberikan kontribusi sehingga terwujudnya buku panduan pelakasanaan Prakerin semester
Genap Tahun Pelajaran 2015/2016 ini,
kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya.
Sampang, 20 Nopember 2015
Kepala Sekolah
RAHMAWATI, S.Pd, M.Si
NIP. 19701209 199401 2 002
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar ................................................................................................................ 1
Daftar Isi ........................................................................................................................... 2
I.
Latar Belakang Prakerin
..................................................................................... 3
II. Landasan Hukum ................................................................................................ 4
III. Tujuan
Prakerin .................................................................................................... 5
IV.
Desain Program/Pelaksanaan Prakerin ............................................................ 5
V. Pelaksanaan
Prakerin ........................................................................................... 6
VI.
Materi Prakerin
..................................................................................................... 7
VII. LAMPIRAN ........................................................................................................... 8
1.
Implementasi Praktek Kerja Industri Program Keahlian
Teknik Otomotif
2.
Implementasi Praktek Kerja Industri Program Keahlian Tata
Busana
3.
Implementasi Praktek Kerja Industri Paket Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak
4.
Implementasi Praktek Kerja Industri Paket Keahlian
Akuntansi
5.
Tata Tertib Praktek Kerja Industri Tahun Pelajaran 2015/2016
6.
Tugas Pembimbing Praktek Kerja Industri Tahun Pelajaran
2015/2016Surat
Keputusan Pembimbing Praktek Kerja Industri Tahun Pelajaran 2015/2016
7.
Lampiran I Keputusan Kepala SMK Negeri 1 Robatal tentang
Praktek Kerja Industri 2015
di dalam kota Sampang
8.
Lampiran II Keputusan Kepala SMK Negeri 1 Robatal tentang
Praktek Kerja Industri 2015
di luar kota Sampang
9.
Agenda Acara Sosialisasi Praktek Kerja Industri Tahun
Pelajaran 2015/2016
10. Agenda
Acara Pembekalan Praktek Kerja Industri Tahun Pelajaran 2015/2016
11. Alamat
Penanggung jawab dan Pembimbing Prakerin 2 Tahun Pelajaran 2015/2016
12. Sistematika laporan prakerin
13. Rambu-rambu penulisan laporan
prakerin
PRAKTEK KERJA
INDUSTRI (PRAKERIN)
DALAM RANGKA PENDIDIKAN
SISTEM GANDA (PSG)
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 ROBATAL
I. Latar Belakang
Praktik Kerja Industri yang disingkat dengan “prakerin” merupakan bagian dari program pembelajaran
yang harus dilaksanakan oleh setiap peserta didik di Dunia Kerja, sebagai wujud
nyata dari pelaksanaan sistim pendidikan di SMK yaitu Pendidikan Sistim Ganda
(PSG). Program prakerin disusun bersama
antara sekolah dan dunia kerja dalam rangka memenuhi kebutuhan peserta didik
dan sebagai kontribusi dunia kerja terhadap pengembangan program pendidikan
SMK. Dengan prakerin peserta didik dapat menguasai sepenuhnya aspek-aspek
kompetensi yang dituntut kurikulum, dan di samping itu mengenal lebih dini
dunia kerja yang menjadi dunianya kelak setelah menamatkan pendidikannya.
Dalam rangka pengembangan program
sekolah menengah kejuruan dan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pelatihan
serta menyediakan tenaga kerja yang professional tingkat menengah yang
berkualitas perlu berorientasi pada dunia usaha/industri, maka diperlukan
program pembinaan dan pengembangan pendidikan sekolah menengah kejuruan yang
diupayakan untuk menyiapkan tenaga yang terampil dengan profesionalisme dan
etos kerja yang tinggi. Salah satu permasalahan yang dihadapi saat ini adanya
pernyataan bahwa kemampuan tamatan sekolah menengah kejuruan belum cukup diakui
oleh masyarakat dan dunia usaha/industri sehingga masih ada bahwa tamatan
sekolah menengah kejuruan belum siap pakai.
Hal ini terjadi antara lain karena
antara sekolah dengan dunia usaha industri belum terjadi “ Link and Mach “ dalam arti belum adanya keterkaitan antara sekolah
dengan dunia usaha / industri, dan belum adanya kepadanan antara kurikulum
sekolah dengan dunia usaha/industri, seharusnya
antara sekolah menengah kejuruan dan dunia usaha /industri saling
mengisi dan saling mendorong secara
integrative untuk memacu produktifitas nasional dalam mengatasi globalisasi
yang menuntut keunggulan komperatif dan kompetitif.
Melalui
pendekatan “ Link and Match “ dengan
Pendidikan Sistem Ganda (PSG) maka siswa sekolah menengah kejuruan yang dapat
mengoptimalkan aktivitas dan dapat mengembangkan sikap professional. Salah satu
komponen PSG dalam rangka pengoptimalan dimaksud adalah Praktek Kerja Industri
(Prakerin).
II. Landasan Hukum.
Pelaksanaan Praktek Kerja Industri
(Prakerin) dalam rangka Pendidikan Sistem Ganda (PSG) berdasarkan peraturan
perundangan sebagai berikut :
1. Undang-undang Nomor 20 tahun 2003
tentang Sisem Pendidikan Nasional antara lain menyatakan :
a. Penyelenggaraan pendidikan
dilaksanakan melalui 2 (dua) jalur, yaitu pendidikan sekolah dan jalur
pendidikan luar sekolah.
b.
Pengadaan dan pendayagunaan sumber daya pendidikan oleh
pemerintah, masyarakat dan atau keluarga peserta didik.
c.
Masyarakat sebagai mitra pemerintah bersempatan yang
seluas-luasnya untuk berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan nasional.
2.
PP No. 29 tentang Pendidikan Menengah yang antara lain :
a. Penyelenggaraan sekolah menengah dapat
bekerja sama dengan masyarakat terutama dunia usaha / industri dan para
dermawan untuk memperoleh sumber daya dalam rangka menunjang penyelenggaraan
dan pengembangan pendidikan.
b. Pada sekolah menengah dapat dilakukan uji
coba gagasan baru yang diperlukan dalam rangka pengembangan pendidikan
menengah.
3. PP No. 39 tentang peran serta
masyarakat dalam pendidikan nasional antara lain menyatakan :
a.
Peran serta masyarakat dapat berbentuk
pemberian kesempatan untuk magang dan atau latihan kerja.
b. Pemerintah dan masyarakat menciptakan peluang
yang besar untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam sistem pendidikan
nasional.
4. Kepmendikbud No. 0490/V/1992 tentang
sekolah menengah kejuruan yang menyatakan : Kerjasama sekolah menengah kejuruan
dengan dunia usaha terutama bertujuan untuk meningkatkan kesesuaian program
sekolah menengah kejuruan dengan kebutuhan dunia kerja yang dibutuhkan dengan
asas saling menguntungkan.
5. Kepmendikbud No. 080/V/1993 tentang
kurikulum sekolah menengah kejuruan yang menyatakan :
a. Menggunakan unit produksi sekolah beroperasi
secara professional sebagai wahana pelatihan kejuruan.
b. Melaksanakan sebagai kelompok mata pelajaran
kejuruan di sekolah, dan sebagai lainnya di dunia usaha dan industri.
c. Melaksanakan kelompok mata pelajaran keahlian
kejuruan sepenuhnya di masyarakat dunia usaha dan industri.
III. Tujuan Prakerin
- Umum
a. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki
keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan
dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
b. Memperkokoh Link and Match antara sekolah
dengan dunia kerja.
c. Meningkatkan
efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas
profesional.
d. Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap
pengalaman kerja sebagai dari proses pendidikan.
- K h u s
u s.
a.
Peserta pelatihan mengetahui langsung
materi pelatihan yang akan diterapkan pada pelaksanaan pendidikan sistem ganda.
b. Efektifitas kegiatan pelatihan di dunia usaha
/ industri secara berkala dan bertahap.
c. Siswa termotivasi untuk sukses dalam belajar
karena tujuan menjadi jelas.
d. Melalui pelatihan di dunia usaha / industri
siswa terlibat dan bekerja yang sesungguhnya.
e. Siswa
semakin siap untuk bekerja.
IV. Desain
Program/Pelaksanaan Prakerin
Perancangan program prakerin tidak terlepas dari
implementasi silabus ke dalam pembelajaran, yang membutuhkan metode, strategi
dan evaluasi pelaksanaan yang sesuai.
Rancangan prakerin sebagai bagian pembelajaran
perlu memperhatikan kesiapan Dunia Kerja mitra dalam melaksanakan pembelajaran
kompetensi tersebut. Hal ini diperlukan agar dalam pelaksanaannya, penempatan
peserta didik untuk prakerin tepat sasaran sesuai dengan kompetensi yang akan
dipelajari. Diagram di bawah menunjukkan alur kerja perancangan program
prakerin.
Diagram Alir Prakerin
Dari diagram di atas menunjukkan bahwa dalam
perancangan program prakerin perlu dilakukan analisis terhadap kemampuan-kemampuan
yang harus dikuasai peserta didik berdasarkan tuntutan standar kompetensi/
kompetensi dasar yang tertera dalam silabus. Analisis dimaksudkan untuk
mendapatkan informasi kompetensi apa saja yang dapat dipelajari di sekolah
dengan fasilitas yang tersedia dan kompetensi apa saja yang dipelajari di dunia
kerja.
V.
Pelakasanan Prakerin
Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Robatal pada semester Genap tahun
pelajaran 2015/2016 melaksanakan Praktek Kerja Industri dalam rangka Pendidikan
Sistem Ganda (PSG), untuk memperlancar pelaksanaan tersebut kami menentukan
kegiatan sebagai berikut :
- Model
Pelaksanaan .
Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1
Robatal Sampang
dalam pelaksanaan praktek kerja industri menggunakan model atau bentuk Block
Release yaitu disepakati bersama selama 3 (tiga) bulan/semester di dunia usaha/industri
dan beberapa hari di sekolah.
- Waktu
Pelaksanaan.
Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1
Robatal Sampang
akan melaksanakan praktek kerja industri sesuai dengan kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan maka pada tahun pelajaran 2015/2016
nanti pelaksanaannya selama 3
bulan yaitu mulai tanggal 21 Desember 2015 s/d 19 Maret 2016.
Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1
Robatal Sampang
memiliki 4 (empat) paket kompetensi keahlian :
1. Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan
Ringan
2. Kompetensi Keahlian Tata Busana
3. Kompetensi Keahlian Rekayasa
Perangkat Lunak
4. Kompetensi Keahlian Akuntansi
5. Kompetensi Teknik Gambar Bangunan
Mengingat dunia
usaha/industri di sekita Kecamatan Robatal sangat terbatas, maka untuk penyelenggaraan
Praktek Kerja Industri dilaksanakan di Sampang dan di luar Sampang.
- Tempat
Praktek Kerja Industri. (terlampir)
VI. Materi
Kegiatan
yang dilatihkan dalam praktek kerja industri dapat berpedoman pada implementasi
praktek kerja industri yang disesuaikan dengan profil kompetensi tamatan
masing-masing program keahlian.
Sampang, 20
Nopember 2015
Kepala
SMK Negeri 1 Robatal
RAHMAWATI, S.Pd, M.Si
NIP. 19701209 199401 2 002
IMPLEMENTASI PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DALAM RANGKA
PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
SMK NEGERI 1
ROBATAL
Bidang Keahlian :
Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Otomotif
Paket Keahlian :
Teknik Kendaraan Ringan
Tahun Pelajaran : 2015/2016
NO
|
PROFIL KOMPETENSI TAMATAN
|
JENIS KEGIATAN YANG DIBUTUHKAN
|
WAKTU
|
TEMPAT PRAKTEK
|
1.
|
Memperbaiki system Hidrolik
|
· Memasang system hidrolik
· Menguji system hidrolik
· Memelihara system hidrolik
|
3 Bulan
|
Perusahaan otomotif, bengkel
karoseri, bengkel service & manintenance mobil dan sepeda motor
|
2.
|
Service & maintenance
system bahan bakar bensin
|
· Memelihara komponen system
bahan bakar bensin
· Memperbaiki komponen system
bahan bakar bensin
|
||
3.
|
Service & Maintenance
Kopling
|
· Memeliharaservice unit kopling
· Memperbaiki system kopling dan
komponennya
· Overhoul sistm kopling dan
komponennya.
|
||
4.
|
Memperbaiki roda dan ban
|
· Memeriksa roda
· Memasang ulang roda
· Memeriksa ban
· Memasang ulang ban
· Membalans roda dan ban
|
||
5.
|
Memperbaiki transmisi
|
· Memelihara transmisi manual dan
komponen-komponennya
· Memelihara transmisi otomatis
dan komponen-komponennya
|
||
6.
|
Memperbaiki suspensi
|
· Memeriksa system suspense dan komponen-komponennya
· Memperbaiki system suspense dan
komponen-komponennya
|
||
7.
|
Kelistrikan otomotif
|
· Mengidentifikasi kerusakan
sisem/komponen kelistrikan dan pengaman
· Memasang, memperbaiki
perlengkapan kelistrikan otomotif
|
||
8.
|
Baterai
|
· Menguji baterai
· Memperbaiki baterai
|
||
9.
|
Memperbaiki system rem
|
· Memperbaiki system rem dan komponennya
· Melakukan overhaul system rem
|
||
10.
|
Stater dan system pengisian
|
· Memperbaiki system starter dan
pengisian serta komponen-komponennya
|
IMPLEMENTASI PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DALAM RANGKA
PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
SMK NEGERI 1
ROBATAL
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Tata Busana
Paket Keahlian : Tata
Busana
Tahun Pelajaran : 2015/2016
NO
|
PROFIL KOMPETENSI TAMATAN
|
JENIS KEGIATAN YANG DIBUTUHKAN
|
WAKTU
|
TEMPAT PRAKTEK
|
1.
|
Menggambar
busana (fashion drawing)
|
1.1
Memahami bentuk bagian-bagian busana
1.2
Mendiskripsikan bentuk proporsi dan anatomi
beberapa tipe tubuh manusia
1.3
Menerapkan teknik pembuatan desain busana
1.4
Penyelesaian pembuatan gambar.
|
3 Bulan
|
Perusahaan Konveksi, sablon ,
butik, dan tukang jahit
|
2.
|
Membuat pola
(Pattern Making)
|
2.1
Menguraikan macam-macam teknik pembuatan pola
(teknik konstruksi dan teknik drapping)
2.2
Membuat pola.
|
||
3.
|
Membuat busana wanita
|
3.1
Mengelompokkan macam-macam busana wanita
3.2
Memotong bahan
3.3
Menjahit busana wanita
3.4
Menyelesaikan busana wanitadengan jahitan
tangan
3.5
Menghitung harga jual
3.6
Melakukan pengepresan.
|
||
4.
|
Membuat
busana pria
|
4.1
Mengelompokkan macam-macam busana pria
4.2
Memotong bahan
4.3
Menjahit busana pria
4.4
Penyelesaian busana pria dengan jahitan tangan
4.5
Menghitung harga jual
4.6
Melakukan pengepresan.
|
||
5.
|
Membuat busana anak
|
5.1
Mengelompokkan macam-macam busana anak
5.2
Memotong bahan
5.3
Menjahit busana anak
5.4
Menyelesaian busana bayi dengan jahitan tangan
5.5
Menghitung harga jual
5.6
Melakukan pengepresan.
|
||
6.
|
Membuat busana bayi
|
6.1
Mengklasifikasikan macam-macam busana bayi
6.2
Memotong bahan
6.3
Menjahit busana bayi
6.4
Menyelesaikan busana bayi dengan jahitan tangan
6.5
Menghitung harga jual
6.6
Melakukan pengepresan.
|
IMPLEMENTASI PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DALAM RANGKA
PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
SMK NEGERI 1
ROBATAL
Bidang Keahlian : Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK)
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika (TKI)
Paket Keahlian : Rekayasa
Perangkat Lunak
Tahun Pelajaran : 2015/2016
NO
|
PROFIL KOMPETENSI TAMATAN
|
WAKTU
|
TEMPAT PRAKTEK
|
1.
|
Perakitan Komputer
|
3 Bulan
|
Warnet, took computer dan perusahaan yang bergerak
dibidang pemograman komputer
|
2.
|
Pemograman Web
|
||
3.
|
Pemodelan Perangkat Lunak
|
||
4.
|
Pemograman Desktop
|
||
5.
|
Pemograman Berorientasi Obyek
|
||
6.
|
Pemograman web dinamis
|
||
7.
|
Pemograman Perangkat Bergerak
|
IMPLEMENTASI PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DALAM RANGKA
PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
SMK NEGERI 1
ROBATAL
Bidang Keahlian : Bisnis
dan Manajemen
Program Keahlian : Keuangan
Paket Keahlian : Akuntansi
Tahun Pelajaran : 2015/2016
NO
|
PROFIL KOMPETENSI TAMATAN
|
WAKTU
|
TEMPAT PRAKTEK
|
1.
|
Akuntnasi Perusahaan Dagang
|
3 Bulan
|
Instansi pemerintahan, perusahaan perbankan atau
sejenis dan lembaga kuangan mikro serta pusat bisnis komersial
|
2.
|
Akuntansi Keuangan
|
||
3.
|
Akuntansi perusahaan manufaktur
|
||
4.
|
Perpajakan
|
TATA TERTIB PESERTA
DALAM PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
SMK NEGERI 1 ROBATAL
SEMESTER GENAP TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
A. PESERTA WAJIB
1. Mematuhi peraturan yang berlaku dalam tempat
praktek
2. Berada ditempat praktek 15 menit sebelum
praktek dimulai
3. Berlaku sopan serta jujur, bertanggung jawab,
berinisiatif terhadap tugas-tugas yang diberikan dalam praktek
4. Mengenakan pakaian seragam yang ditentukan.
5. Memberi salam pada waktu datang dan mohon
diri pada waktu pergi/pulang.
6. Memberitahukan pada pimpinan
unit/petugas, apabila berhalangan hadir,
atau bermaksud untuk meninggalkan tempat praktek.
7. Apabila menemui kesulitan segera
memberitahukan/membicarakan dengan pembimbing, ketua kelompok atau petugas
yang ditunjuk.
8. Mentaati peraturan dalam menggunakan
alat/bahan yang dipakai dalam praktek kerja.
9. Membersihkan dan mengatur kembali alat-alat
dengan rapi seperti semula pada setiap memulai dan mengakhiri kegiatan.
10. Apabila terjadi kerusakan atau salah mengambil
alat/bahan segera melaporkan kepada petugas yang berwenang.
11. Menandatangani daftar hadir pada saat
berakhirnya praktek setiap harinya.
12. Mengisis jurnal kegiatan harian dan meminta
tanda tangan kepada pembimbing praktek pada setiap harinya.
B. PESERTA DILARANG
1. Merokok
2. Menerima tamu pribadi pada waktu praktek.
3. Menggunakan pesawat telepon atau fasilitas
lain tanpa izin pembimbing/petugas.
4. Pindah tempat kegiatan praktek tanpa izin
pembimbing/petugas
5. Memakai perhiasan yang menyolok dan memakai
tat arias muka yang berlebihan bagi siswa putrid.
C. SANKSI - SANKSI
1. Peringatan
secara lisan/tertulis.
2. Dipindahkan
ke tempat lain.
3. Pengurangan
nilai praktek atau bahkan tidak diberi nilai praktek.
4. Dilarang
meneruskan praktek.
D. KEGIATAN PESERTA SELAMA PRAKTEK KERJA INDUSTRI
1. Memantapkan
keterampilan sesuai dengan profil kemampuan/profil tamatan/Implementasi praktek
kerja industri pada masing-masing/program keahlian (terlampir)
2. Kegiatan
siswa selama praktek tercermin pada jurnal kegiatan harian yang berpedoman pada
profil kemampuan/profil tamatan/Implementasi praktek kerja industri pada
masing-masing/program keahlian.
3. Mempelajari
proses kerja di instansi/perusahaan tempat praktek sesuai dengan jurusan/program
keahlian masing-masing.
4. Mempelajari
tata kerja organisasi instansi / perusahaan tempat praktek, mencakupi :
- Riwayat
perusahaan (perkembangan usaha)
- Struktur organisasi
- Manajemen (
Pengelolaan )
- Disiplin
Kerja
- Keselamatan
Kerja
- Pemeliharaan
tempat kerja dan lingkungan hidup.
5. Peserta
praktek kerja industri diwajibkan membuat laporan dalam bentuk karya tulis, dengan
melampirkan jurnal kegiatan harian dan daftar hadir.
TUGAS
– TUGAS PEMBIMBING PRAKTEK KERJA INDUSTRI DARI SEKOLAH
Agar
pelaksanaan praktek kerja industri dapat berjalan dengan lancar, perlu
dijabarkan tugas–tugas pembimbing dari sekolah sebagai berikut :
1. Mengantarkan siswa kelompoknya pada hari pertama ke tempat praktek.
2. Menyampaikan surat Kepala Sekolah kepada Pimpinan tempat praktek
3. Menyampaikan kata-kata penyerahan Kepala Sekolah dihadapan
Pimpinan tempat praktek.
4. Memberikan saran-saran/nasehat bagaimana seharusnya dan bagaimana
sebaiknya kepada para peserta selama berada
di tempat praktek maupun di tempat pemondokan.
5. Mengadakan kunjungan monitoring ke tempat praktek minimal satu
kali selama praktek berlangsung.
6. Memantau tingkat kedisiplinan siswa.
7. Memberikan masukan kepada instansi/perusahaan maupun kepada
peserta praktek terutama tentang prioritas kegiatan yang sesuai dengan profil
kemampuan/profil tamatan/implementasi praktek industri.
8. Selalu siap mendatangi siswa kelompoknya apabila ada laporan
terjadi hal-hal yang mengganggu pelaksanaan praktek, misalnya : sakit dan
sebagainya
9. Menjemput kembali siswa kelompoknya pada hari terakhir pelaksanaan
praktek.
10. Menyampaikan kata pamit dan terima kasih dari Kepala Sekolah kepada
Pimpinan instansi/perusahaan.
11. Selalu siap menerima siswa untuk berkonsultasi dalam hal pelaksanaan
praktek.
12. Mengesahkan laporan kegiatan siswa (prakerin) setelah laporan
tersebut sesuai dengan rambu-rambu yang ditentukan.
13. Melaporkan hasil
pembimbing kepada Pokja PSG, meliputi :
a. Daftar hadir peserta praktek beserta rekapitulasinya.
b. Jurnal kegiatan peserta praktek
c. Daftar nilai
d. Dan lain-lain yang dianggap perlu.
Demikian
pokok – pokok tugas pembimbing dari sekolah yang diharapkan dapat dilaksanakan
dengan sebaik-baiknya.
AGENDA
ACARA
SOSIALISASI
PRAKTEK KERJA
INDUSTRI
SMK NEGERI
1 ROBATAL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
26 Nopember 2015
WAKTU
|
AGENDA KEGIATAN
|
PENANGGUNG JAWAB/PELAKSANA
|
09.00 – 09.15
|
Registrasi Peserta
|
Panitia
|
09.15 – 11.00
|
Sosialisasi Praktek Kerja Industri
- Pembukaaan
- Sambutan Kepala Sekolah
- Penjelasan Teknik Prakerin
- Tujuan Prakerin
- Kegiatan Prakerin
- Waktu Prakerin
- Lokasi Prakerin
- Biaya Prakerin
- Tanya Jawab
- Penutup
|
Kepala Sekolah
Pokja Prakerin
Ketua Program Keahlian
|
Mengetahui Sampang,
20 Nopember 2015
Kepala
Sekolah POKJA
PRAKERIN
RAHMAWATI, S.Pd, M.Si AHMAD FAUZI, S.Pd
NIP.
19701209 199401 2 002 NIP.
19780714 200901 1 002
AGENDA
ACARA
PEMBEKALAN
PRAKTEK KERJA
INDUSTRI
SMK NEGERI
1 ROBATAL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
17 Desember 2015
WAKTU
|
AGENDA KEGIATAN
|
PENANGGUNG JAWAB/PELAKSANA
|
07.00 – 07.30
|
Registrasi Peserta
|
All Panitia
|
07.30 – 08.00
|
Pembukaan
|
All Panitia
|
08.00 – 08.30
|
Penjelasan Administrasi
Prakerin 2013
|
All Panitia
|
08.30 – 09.30
|
Materi 1
“Kompetensi siswa mengyongsong
era globalisasi dan
implementasi Kurikulum 2013”
Oleh : Imam Syafi’ie, S.Pd
|
All Panitia
|
09.30 – 10.00
|
BREAK
|
|
10.00 – 12.00
|
Materi 2
“Motivasi dan manajemen diri 2014”
|
All Panitia
|
12.00 – 13.00
|
ISOMA
|
All Panitia
|
13.00 – 14.00
|
Materi 4
“Etika komunikasi di dunia kerja”
Oleh : Sa’di, SE
|
All Panitia
|
14.00 – 14.30
|
PENUTUPAN
|
|
Mengetahui Sampang,
20 Desember 2015
Kepala
Sekolah POKJA
PRAKERIN
RAHMAWATI, S.Pd, M.Si AHMAD FAUZI, S.Pd
NIP.
19701209 199401 2 002 NIP.
19780714 200901 1 002
ALAMAT PENANGGUNG JAWAB & PEMBIMBING PRAKERIN
NO
|
NAMA
|
TELEPON/HP
|
ALAMAT
|
1.
|
RAHMAWATI,
S.Pd, M.Si
|
081803136933
|
Jl. Merak
Sampang 69213
|
2.
|
Ahmad Fauzi, S.Pd
|
0817 4804 456
0853 305 66661
|
Jl. Masjid No. 7 Omben Sampang 69291
|
3.
|
Alif Fitriadi, S.Pd
|
087849772828
|
Jl. Gelatik
Sampang 69213
|
4.
|
Siswo Purwadi, S.Pd
|
0852 3408 9823
081939311783
|
Dusun Tabugah RT 01/RW 01, Montok,
Larangan Pamekasan 69284
|
5.
|
SA’DI, SE
|
0818 0314 1118
|
Jl.
Perkutut Sampang 69213
|
6.
|
Imam Syafi’ie, S.Pd
|
087854393636
087771277742
|
Jl. Imam
Ghazali Sampang
|
7.
|
Sri
Mahmudah, S.Pd
|
087849354465
085259861542
|
Dusun Krampon Tengah, Desa Krampon, Kecamatan
Torjun, Kabupaten Sampang
|
8.
S
|
Syaiful
Efendi, ST
|
087850800320
|
Ketapang Sampang
|
9.
|
Ali
Muchsin, S.Pd
|
082301099453
087849748987
|
Jl. Kenari
No. 166A
Sampang
|
10.
|
Sri
Aprilianingsih, S.Pd
|
|
|
11.
|
Agus Wedi,
SE
|
|
|
CALL CENTER PRAKERIN : +628193
7212 456
SISTEMATIKA LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
SMK NEGERI 1
ROBATAL
TAHUN 2015
Halaman Judul
Lembar Pengesahan
Lembar Pengesahan
Ujian
Kata pengantar
Daftar Isi
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
B.
Tujuan prakerin
C. Sasaran
pokok prakerin
D. Tujuan
pembuatan laporan prakerin
E.
Metode pengumpulan data
BAB II : PELAKSANAAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI
A. Waktu dan tempat pelaksanaan prakerin
B. Implementasi Kegiatan Praktek Industri
C. Kompetensi dan
pengalaman yang didapatkan selama
prakerin
D. Masalah yang dihadapi dan penangan Masalah
BAB III :
PENUTUP
A.
Kesimpulan
B.
Saran
Lampiran
1. Kartu bimbingan
laporan prakerin
2. Nilai Prakerin
3. Jurnal Harian
4. Daftar Hadir
5. Dokumentasi/Foto
Kegiatan Prakerin 2015 (4 lembar foto)
RAMBU-RAMBU
PENULISAN
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
SMK NEGERI 1
ROBATAL
TAHUN 2015
1.
Menggunakan bahasa yang baik dan ejaan yang
disempurnakan.
2.
Tatacara penulisan menggunakan aturan
penulisan karya tulis ilmiah (sesuai contoh) antara lain sebagai berikut :
-
Jarak spasi : 1,5
-
Jenis huruf : Time new roman 12
3.
Menggunakan kertas F4 (Folio) 80 gram.
4.
Batas/margin penulisan pada kertas :
Atas : 2.5
cm
Bawah : 2
cm
Kiri : 3
cm
Kanan : 2
cm
5.
Dibuat rangkap 2 (dua) disampul soft cover
dengan warna sebagai berikut :
Teknik
Otomotif : Kuning
Rekayasa
Perangkat lunak : Ungu
Tata
Busana : Biru
Akuntansi : Hijau
Saya ingi bertanya terkait Kompetensi yang harus di capai siswa pada saat prakerin. Apa kah ada undang undang yang mengatur atau kah ditentukan disetiap Smk yang bersangkutan.
BalasHapusTerimakasih