Jumat, 30 Oktober 2015

Panduan Prakerin 2016

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, karena Kelompok Kerja (POKJA) Prakerin SMK Negeri 1 Robatal dapat menyelesaikan Panduan Pelaksanaan Praktek Kerja Industri semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016.
Panduan Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Tahun Pelajaran 2015/2016 berisi panduan pelaskanaan Prakerin yang meliputi  berbagai hal yang berhubungan dengan Prakerin sehingga bermanfaat bagi siswa, guru, sekolah dan industri pasangan. Hal ini diharapkan selaras dengan kebijakan pokok Departemen Pendidikan Nasional untuk mewujudkan (1) pemerataan dan perluasan akses pendidikan, (2) peningkatan mutu, relevansi , dan daya saing (3) penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik, menjadi acuan dasar perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi progaram-program Direktorat Pembinaan  SMK.
Kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi sehingga terwujudnya  buku panduan pelakasanaan Prakerin semester Genap  Tahun Pelajaran 2015/2016 ini, kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya.

                        Sampang,  20 Nopember 2015
                        Kepala Sekolah






                        RAHMAWATI, S.Pd, M.Si
                        NIP. 19701209  199401 2 002










DAFTAR ISI


Kata Pengantar  ................................................................................................................             1
Daftar Isi  ...........................................................................................................................             2
        I.       Latar Belakang  Prakerin  .....................................................................................             3
     II.       Landasan  Hukum  ................................................................................................             4
   III.       Tujuan Prakerin  ....................................................................................................             5
  IV.       Desain Program/Pelaksanaan Prakerin  ............................................................             5
    V.       Pelaksanaan Prakerin  ...........................................................................................             6
  VI.       Materi Prakerin  .....................................................................................................             7
VII.       LAMPIRAN  ...........................................................................................................             8
1.      Implementasi Praktek Kerja Industri Program Keahlian Teknik Otomotif
2.      Implementasi Praktek Kerja Industri Program Keahlian Tata Busana
3.      Implementasi Praktek Kerja Industri Paket  Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak
4.      Implementasi Praktek Kerja Industri Paket Keahlian Akuntansi
5.      Tata Tertib Praktek Kerja Industri Tahun Pelajaran 2015/2016
6.      Tugas Pembimbing Praktek Kerja Industri Tahun Pelajaran 2015/2016Surat Keputusan Pembimbing Praktek Kerja Industri Tahun Pelajaran 2015/2016
7.      Lampiran I Keputusan Kepala SMK Negeri 1 Robatal tentang Praktek Kerja Industri 2015 di dalam kota Sampang
8.      Lampiran II Keputusan Kepala SMK Negeri 1 Robatal tentang Praktek Kerja Industri 2015 di luar kota Sampang
9.      Agenda Acara Sosialisasi Praktek Kerja Industri Tahun Pelajaran 2015/2016
10.  Agenda Acara Pembekalan Praktek Kerja Industri Tahun Pelajaran 2015/2016
11.  Alamat Penanggung jawab dan Pembimbing Prakerin 2 Tahun Pelajaran 2015/2016
12.  Sistematika laporan prakerin
13.  Rambu-rambu penulisan laporan prakerin






PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DALAM RANGKA  PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
SEKOLAH  MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 ROBATAL


I.    Latar  Belakang
Praktik Kerja Industri yang disingkat dengan “prakerin”  merupakan bagian dari program pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh setiap peserta didik di Dunia Kerja, sebagai wujud nyata dari pelaksanaan sistim pendidikan di SMK yaitu Pendidikan Sistim Ganda (PSG). Program  prakerin disusun bersama antara sekolah dan dunia kerja dalam rangka memenuhi kebutuhan peserta didik dan sebagai kontribusi dunia kerja terhadap pengembangan program pendidikan SMK. Dengan prakerin peserta didik dapat menguasai sepenuhnya aspek-aspek kompetensi yang dituntut kurikulum, dan di samping itu mengenal lebih dini dunia kerja yang menjadi dunianya kelak setelah menamatkan pendidikannya.
Dalam rangka pengembangan program sekolah menengah kejuruan dan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pelatihan serta menyediakan tenaga kerja yang professional tingkat menengah yang berkualitas perlu berorientasi pada dunia usaha/industri, maka diperlukan program pembinaan dan pengembangan pendidikan sekolah menengah kejuruan yang diupayakan untuk menyiapkan tenaga yang terampil dengan profesionalisme dan etos kerja yang tinggi. Salah satu permasalahan yang dihadapi saat ini adanya pernyataan bahwa kemampuan tamatan sekolah menengah kejuruan belum cukup diakui oleh masyarakat dan dunia usaha/industri sehingga masih ada bahwa tamatan sekolah menengah kejuruan belum siap pakai.
Hal ini terjadi antara lain karena antara sekolah dengan dunia usaha industri belum terjadi “ Link and Mach “ dalam arti belum adanya keterkaitan antara sekolah dengan dunia usaha / industri, dan belum adanya kepadanan antara kurikulum sekolah dengan dunia usaha/industri, seharusnya  antara sekolah menengah kejuruan dan dunia usaha /industri saling mengisi dan saling mendorong  secara integrative untuk memacu produktifitas nasional dalam mengatasi globalisasi yang menuntut keunggulan komperatif dan kompetitif.
Melalui pendekatan “ Link and Match “ dengan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) maka siswa sekolah menengah kejuruan yang dapat mengoptimalkan aktivitas dan dapat mengembangkan sikap professional. Salah satu komponen PSG dalam rangka pengoptimalan dimaksud adalah Praktek Kerja Industri (Prakerin).
II.   Landasan Hukum.
      Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) dalam rangka Pendidikan Sistem Ganda (PSG) berdasarkan peraturan perundangan  sebagai berikut :
1.      Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisem Pendidikan Nasional antara lain menyatakan :
a.      Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan melalui 2 (dua) jalur, yaitu pendidikan sekolah dan jalur pendidikan luar sekolah.
b.      Pengadaan dan pendayagunaan sumber daya pendidikan oleh pemerintah, masyarakat dan atau keluarga peserta didik.
c.       Masyarakat sebagai mitra pemerintah bersempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan nasional.
2.      PP No. 29 tentang Pendidikan Menengah yang antara lain :
a.   Penyelenggaraan sekolah menengah dapat bekerja sama dengan masyarakat terutama dunia usaha / industri dan para dermawan untuk memperoleh sumber daya dalam rangka menunjang penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan.
b.   Pada sekolah menengah dapat dilakukan uji coba gagasan baru yang diperlukan dalam rangka pengembangan pendidikan menengah.
3.      PP No. 39 tentang peran serta masyarakat dalam pendidikan nasional antara lain menyatakan :
a.   Peran serta masyarakat dapat berbentuk pemberian kesempatan untuk magang dan atau latihan kerja.
b.   Pemerintah dan masyarakat menciptakan peluang yang besar untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam sistem pendidikan nasional.
4.      Kepmendikbud No. 0490/V/1992 tentang sekolah menengah kejuruan yang menyatakan : Kerjasama sekolah menengah kejuruan dengan dunia usaha terutama bertujuan untuk meningkatkan kesesuaian program sekolah menengah kejuruan dengan kebutuhan dunia kerja yang dibutuhkan dengan asas saling menguntungkan.
5.      Kepmendikbud No. 080/V/1993 tentang kurikulum sekolah menengah kejuruan yang menyatakan :
a.   Menggunakan unit produksi sekolah beroperasi secara professional sebagai wahana pelatihan kejuruan.
b.   Melaksanakan sebagai kelompok mata pelajaran kejuruan di sekolah, dan sebagai lainnya di dunia usaha dan industri.
c.   Melaksanakan kelompok mata pelajaran keahlian kejuruan sepenuhnya di masyarakat dunia usaha dan industri.

III. Tujuan Prakerin
  1. Umum
a.   Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
b.   Memperkokoh Link and Match antara sekolah dengan dunia kerja.
c.   Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
d.   Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai dari proses pendidikan.
  1. K h u s u s.
a.   Peserta pelatihan mengetahui langsung materi pelatihan yang akan diterapkan pada pelaksanaan pendidikan sistem ganda.
b.   Efektifitas kegiatan pelatihan di dunia usaha / industri secara berkala dan bertahap.
c.   Siswa termotivasi untuk sukses dalam belajar karena tujuan menjadi jelas.
d.   Melalui pelatihan di dunia usaha / industri siswa terlibat dan bekerja yang sesungguhnya.
e.   Siswa semakin siap untuk bekerja.

IV.  Desain Program/Pelaksanaan Prakerin
Perancangan program prakerin tidak terlepas dari implementasi silabus ke dalam pembelajaran, yang membutuhkan metode, strategi dan evaluasi pelaksanaan yang sesuai.
Rancangan prakerin sebagai bagian pembelajaran perlu memperhatikan kesiapan Dunia Kerja mitra dalam melaksanakan pembelajaran kompetensi tersebut. Hal ini diperlukan agar dalam pelaksanaannya, penempatan peserta didik untuk prakerin tepat sasaran sesuai dengan kompetensi yang akan dipelajari. Diagram di bawah menunjukkan alur kerja perancangan program prakerin.








Diagram Alir Prakerin

Dari diagram di atas menunjukkan bahwa dalam perancangan program prakerin perlu dilakukan analisis terhadap kemampuan-kemampuan yang harus dikuasai peserta didik berdasarkan tuntutan standar kompetensi/ kompetensi dasar yang tertera dalam silabus. Analisis dimaksudkan untuk mendapatkan informasi kompetensi apa saja yang dapat dipelajari di sekolah dengan fasilitas yang tersedia dan kompetensi apa saja yang dipelajari di dunia kerja.

V.  Pelakasanan Prakerin
      Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Robatal  pada semester Genap tahun pelajaran 2015/2016 melaksanakan Praktek Kerja Industri dalam rangka Pendidikan Sistem Ganda (PSG), untuk memperlancar pelaksanaan tersebut kami menentukan kegiatan sebagai berikut :
  1. Model Pelaksanaan .
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Robatal Sampang dalam pelaksanaan praktek kerja industri menggunakan model atau bentuk Block Release yaitu  disepakati bersama selama 3 (tiga) bulan/semester di dunia usaha/industri dan beberapa hari di sekolah.
  1. Waktu Pelaksanaan.
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Robatal Sampang akan melaksanakan praktek kerja industri sesuai dengan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan  maka pada tahun pelajaran 2015/2016 nanti pelaksanaannya selama 3 bulan  yaitu mulai tanggal 21 Desember 2015 s/d 19 Maret 2016.
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Robatal Sampang memiliki 4 (empat) paket kompetensi keahlian :
1.      Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan
2.      Kompetensi Keahlian Tata Busana
3.      Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak
4.      Kompetensi Keahlian Akuntansi
5.      Kompetensi Teknik Gambar Bangunan
Mengingat dunia usaha/industri di sekita Kecamatan Robatal  sangat terbatas, maka untuk penyelenggaraan Praktek Kerja Industri dilaksanakan di Sampang dan di luar Sampang.
  1. Tempat Praktek Kerja Industri. (terlampir)
VI. Materi
Kegiatan yang dilatihkan dalam praktek kerja industri dapat berpedoman pada implementasi praktek kerja industri yang disesuaikan dengan profil kompetensi tamatan masing-masing program keahlian.


Sampang,  20 Nopember  2015
Kepala SMK Negeri 1 Robatal




RAHMAWATI, S.Pd, M.Si
NIP. 19701209  199401 2 002



























































IMPLEMENTASI  PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DALAM RANGKA PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
SMK NEGERI 1 ROBATAL

Bidang Keahlian                    :  Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian                  :  Teknik Otomotif
Paket Keahlian                       :  Teknik Kendaraan Ringan
Tahun Pelajaran                    :  2015/2016

NO
PROFIL KOMPETENSI TAMATAN
JENIS KEGIATAN YANG DIBUTUHKAN
WAKTU
TEMPAT PRAKTEK
1.          
Memperbaiki system Hidrolik
·   Memasang system hidrolik
·   Menguji system hidrolik
·   Memelihara system hidrolik







3  Bulan
Perusahaan otomotif, bengkel karoseri, bengkel service & manintenance mobil dan sepeda motor
2.         
Service & maintenance system bahan bakar bensin
·   Memelihara komponen system bahan bakar bensin
·   Memperbaiki komponen system bahan bakar bensin
3.         
Service & Maintenance Kopling
·   Memeliharaservice unit kopling
·   Memperbaiki system kopling dan komponennya
·   Overhoul sistm kopling dan komponennya.
4.         
Memperbaiki roda dan ban
·   Memeriksa roda
·   Memasang ulang roda
·   Memeriksa ban
·   Memasang ulang ban
·   Membalans roda dan ban
5.         
Memperbaiki transmisi
·   Memelihara transmisi manual dan komponen-komponennya
·   Memelihara transmisi otomatis dan komponen-komponennya
6.         
Memperbaiki suspensi
·   Memeriksa system suspense dan komponen-komponennya
·   Memperbaiki system suspense dan komponen-komponennya
7.         
Kelistrikan otomotif
·   Mengidentifikasi kerusakan sisem/komponen kelistrikan dan pengaman
·   Memasang, memperbaiki perlengkapan kelistrikan otomotif
8.         
Baterai
·   Menguji baterai
·   Memperbaiki baterai
9.         
Memperbaiki system rem
·    Memperbaiki system rem dan komponennya
·   Melakukan overhaul system rem
10.      
Stater dan system pengisian
·   Memperbaiki system starter dan pengisian serta komponen-komponennya
IMPLEMENTASI  PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DALAM RANGKA PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
SMK NEGERI 1 ROBATAL

Bidang Keahlian                    :  Pariwisata
Program Keahlian                  :  Tata Busana
Paket Keahlian                       :  Tata Busana
Tahun Pelajaran                    :  2015/2016

NO
PROFIL KOMPETENSI TAMATAN
JENIS KEGIATAN YANG DIBUTUHKAN
WAKTU
TEMPAT PRAKTEK
1.      
Menggambar busana (fashion drawing)
1.1        Memahami bentuk bagian-bagian busana
1.2        Mendiskripsikan bentuk proporsi dan anatomi beberapa tipe tubuh manusia
1.3        Menerapkan teknik pembuatan desain busana
1.4        Penyelesaian pembuatan gambar.







3  Bulan
Perusahaan Konveksi, sablon , butik, dan tukang  jahit
2.      
Membuat pola (Pattern Making)
2.1        Menguraikan macam-macam teknik pembuatan pola (teknik konstruksi dan teknik drapping)
2.2        Membuat pola.
3.      
Membuat busana wanita
3.1        Mengelompokkan macam-macam busana wanita
3.2        Memotong bahan
3.3        Menjahit busana wanita
3.4        Menyelesaikan busana wanitadengan jahitan tangan
3.5        Menghitung harga jual
3.6        Melakukan pengepresan.
4.      
Membuat busana pria
4.1        Mengelompokkan macam-macam busana pria
4.2        Memotong bahan
4.3        Menjahit busana pria
4.4        Penyelesaian busana pria dengan jahitan tangan
4.5        Menghitung harga jual
4.6        Melakukan pengepresan.
5.      
Membuat busana anak
5.1        Mengelompokkan macam-macam busana anak
5.2        Memotong bahan
5.3        Menjahit busana anak
5.4        Menyelesaian busana bayi dengan jahitan tangan
5.5        Menghitung harga jual
5.6        Melakukan pengepresan.
6.      
Membuat busana bayi
6.1        Mengklasifikasikan macam-macam busana bayi
6.2        Memotong bahan
6.3        Menjahit busana bayi
6.4        Menyelesaikan busana bayi dengan jahitan tangan
6.5        Menghitung harga jual
6.6        Melakukan pengepresan.







IMPLEMENTASI  PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DALAM RANGKA PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
SMK NEGERI 1 ROBATAL

Bidang Keahlian                    :  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Program Keahlian                  :  Teknik Komputer dan Informatika (TKI)
Paket Keahlian                       :  Rekayasa Perangkat Lunak
Tahun Pelajaran                    :  2015/2016

NO
PROFIL KOMPETENSI TAMATAN
WAKTU
TEMPAT PRAKTEK
1.         
Perakitan Komputer


3  Bulan

Warnet, took computer dan perusahaan yang bergerak dibidang pemograman komputer
2.       
Pemograman Web
3.        
Pemodelan Perangkat Lunak
4.       
Pemograman Desktop
5.       
Pemograman Berorientasi Obyek
6.       
Pemograman web dinamis
7.        
Pemograman Perangkat Bergerak


IMPLEMENTASI  PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DALAM RANGKA PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
SMK NEGERI 1 ROBATAL

Bidang Keahlian                    :  Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian                  :  Keuangan
Paket   Keahlian                     :  Akuntansi
Tahun Pelajaran                    :  2015/2016

NO
PROFIL KOMPETENSI TAMATAN
WAKTU
TEMPAT PRAKTEK
1.         
Akuntnasi Perusahaan Dagang


3  Bulan
Instansi pemerintahan, perusahaan perbankan atau sejenis dan lembaga kuangan mikro serta pusat bisnis komersial
2.       
Akuntansi Keuangan
3.        
Akuntansi perusahaan manufaktur
4.       
Perpajakan









TATA TERTIB PESERTA DALAM PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
SMK NEGERI 1  ROBATAL
SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

A.  PESERTA WAJIB
1.   Mematuhi peraturan yang berlaku dalam tempat praktek
2.   Berada ditempat praktek 15 menit sebelum praktek dimulai
3.   Berlaku sopan serta jujur, bertanggung jawab, berinisiatif terhadap tugas-tugas yang diberikan dalam praktek
4.   Mengenakan pakaian seragam yang ditentukan.
5.   Memberi salam pada waktu datang dan mohon diri pada waktu pergi/pulang.
6.   Memberitahukan pada pimpinan unit/petugas,  apabila berhalangan hadir, atau bermaksud untuk meninggalkan tempat praktek.
7.   Apabila menemui kesulitan segera memberitahukan/membicarakan dengan pembimbing, ketua kelompok atau petugas yang  ditunjuk.
8.   Mentaati peraturan dalam menggunakan alat/bahan yang dipakai dalam praktek kerja.
9.   Membersihkan dan mengatur kembali alat-alat dengan rapi seperti semula pada setiap memulai dan mengakhiri kegiatan.
10. Apabila terjadi kerusakan atau salah mengambil alat/bahan segera melaporkan kepada petugas yang berwenang.
11. Menandatangani daftar hadir pada saat berakhirnya praktek setiap harinya.
12. Mengisis jurnal kegiatan harian dan meminta tanda tangan kepada pembimbing praktek pada setiap harinya.
B.   PESERTA DILARANG
1.   Merokok
2.   Menerima tamu pribadi pada waktu praktek.
3.   Menggunakan pesawat telepon atau fasilitas lain tanpa izin pembimbing/petugas.
4.   Pindah tempat kegiatan praktek tanpa izin pembimbing/petugas
5.   Memakai perhiasan yang menyolok dan memakai tat arias muka yang berlebihan bagi siswa putrid.
C.  SANKSI - SANKSI
1.   Peringatan secara lisan/tertulis.
2.   Dipindahkan ke tempat lain.
3.   Pengurangan nilai praktek atau bahkan tidak diberi nilai praktek.
4.   Dilarang meneruskan praktek.
D.  KEGIATAN PESERTA SELAMA PRAKTEK KERJA INDUSTRI
1.   Memantapkan keterampilan sesuai dengan profil kemampuan/profil tamatan/Implementasi praktek kerja industri pada masing-masing/program keahlian (terlampir)
2.   Kegiatan siswa selama praktek tercermin pada jurnal kegiatan harian yang berpedoman pada profil kemampuan/profil tamatan/Implementasi praktek kerja industri pada masing-masing/program keahlian.
3.   Mempelajari proses kerja di instansi/perusahaan tempat praktek sesuai dengan jurusan/program keahlian masing-masing.
4.   Mempelajari tata kerja organisasi instansi / perusahaan tempat praktek, mencakupi :
-     Riwayat perusahaan (perkembangan usaha)
-     Struktur  organisasi
-     Manajemen ( Pengelolaan )
-     Disiplin Kerja
-     Keselamatan Kerja
-     Pemeliharaan tempat kerja dan lingkungan hidup.
5.   Peserta praktek kerja industri diwajibkan membuat laporan dalam bentuk karya tulis, dengan melampirkan jurnal kegiatan harian dan daftar hadir.

TUGAS – TUGAS PEMBIMBING PRAKTEK KERJA INDUSTRI DARI SEKOLAH


Agar pelaksanaan praktek kerja industri dapat berjalan dengan lancar, perlu dijabarkan tugas–tugas pembimbing dari sekolah sebagai berikut :
1.   Mengantarkan siswa kelompoknya pada hari pertama ke tempat praktek.
2.   Menyampaikan surat Kepala Sekolah kepada Pimpinan tempat praktek
3.   Menyampaikan kata-kata penyerahan Kepala Sekolah dihadapan Pimpinan tempat praktek.
4.   Memberikan saran-saran/nasehat bagaimana seharusnya dan bagaimana sebaiknya kepada para peserta selama berada  di tempat praktek maupun di tempat pemondokan.
5.   Mengadakan kunjungan monitoring ke tempat praktek minimal satu kali selama praktek berlangsung.
6.   Memantau tingkat kedisiplinan siswa.
7.   Memberikan masukan kepada instansi/perusahaan maupun kepada peserta praktek terutama tentang prioritas kegiatan yang sesuai dengan profil kemampuan/profil tamatan/implementasi praktek industri.
8.   Selalu siap mendatangi siswa kelompoknya apabila ada laporan terjadi hal-hal yang mengganggu pelaksanaan praktek, misalnya : sakit dan sebagainya
9.   Menjemput kembali siswa kelompoknya pada hari terakhir pelaksanaan praktek.
10. Menyampaikan kata pamit dan terima kasih dari Kepala Sekolah kepada Pimpinan instansi/perusahaan.
11. Selalu siap menerima siswa untuk berkonsultasi dalam hal pelaksanaan praktek.
12. Mengesahkan laporan kegiatan siswa (prakerin) setelah laporan tersebut sesuai dengan rambu-rambu yang ditentukan.
13. Melaporkan hasil pembimbing kepada Pokja PSG, meliputi :
      a. Daftar hadir peserta praktek beserta rekapitulasinya.
      b. Jurnal kegiatan peserta praktek
      c. Daftar nilai
      d. Dan lain-lain yang dianggap perlu.

Demikian pokok – pokok tugas pembimbing dari sekolah yang diharapkan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.







AGENDA ACARA
SOSIALISASI PRAKTEK KERJA INDUSTRI
SMK NEGERI 1 ROBATAL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
26 Nopember  2015

WAKTU
AGENDA KEGIATAN
PENANGGUNG JAWAB/PELAKSANA
09.00 – 09.15
Registrasi Peserta
Panitia
09.1511.00
Sosialisasi Praktek Kerja Industri
-      Pembukaaan
-      Sambutan Kepala Sekolah
-      Penjelasan Teknik Prakerin
-  Tujuan Prakerin
-  Kegiatan Prakerin
-  Waktu Prakerin
-  Lokasi Prakerin
-  Biaya Prakerin
-      Tanya Jawab
-      Penutup
Kepala Sekolah
Pokja Prakerin
Ketua Program Keahlian

       Mengetahui                                                    Sampang, 20 Nopember 2015
       Kepala Sekolah                                                        POKJA PRAKERIN






       RAHMAWATI, S.Pd, M.Si                               AHMAD FAUZI, S.Pd
       NIP. 19701209 199401 2 002                           NIP. 19780714 200901 1 002















AGENDA ACARA
PEMBEKALAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
SMK NEGERI 1 ROBATAL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
17 Desember 2015

WAKTU
AGENDA KEGIATAN
PENANGGUNG JAWAB/PELAKSANA
07.00 – 07.30
Registrasi Peserta
All Panitia
07.30 – 08.00
Pembukaan
All Panitia
08.00 – 08.30
Penjelasan Administrasi Prakerin 2013
All Panitia
08.30 – 09.30
Materi 1
“Kompetensi siswa mengyongsong era globalisasi dan implementasi Kurikulum 2013
 Oleh : Imam Syafi’ie, S.Pd
All Panitia
09.30 – 10.00
BREAK

10.00 – 12.00
Materi 2
“Motivasi dan manajemen diri 2014”

All Panitia
12.00 – 13.00
ISOMA
All Panitia
13.00 – 14.00
Materi 4
“Etika komunikasi di dunia kerja”
Oleh : Sa’di, SE
All Panitia
14.00 – 14.30
PENUTUPAN


       Mengetahui                                                    Sampang, 20 Desember  2015
       Kepala Sekolah                                                        POKJA PRAKERIN




       RAHMAWATI, S.Pd, M.Si                               AHMAD FAUZI, S.Pd
       NIP. 19701209 199401 2 002                           NIP. 19780714 200901 1 002





ALAMAT  PENANGGUNG JAWAB & PEMBIMBING PRAKERIN

NO
NAMA
TELEPON/HP
ALAMAT
1.       
RAHMAWATI, S.Pd, M.Si
081803136933
Jl. Merak
Sampang 69213
2.                                                  
Ahmad Fauzi, S.Pd

0817 4804 456
0853 305 66661
Jl. Masjid No. 7 Omben Sampang 69291
3.                                                  
Alif Fitriadi, S.Pd

087849772828
Jl. Gelatik Sampang 69213
4.                                                  
Siswo Purwadi, S.Pd

0852 3408 9823
081939311783
Dusun Tabugah RT 01/RW 01, Montok, Larangan Pamekasan 69284
5.                                                  
SA’DI, SE

0818 0314 1118
Jl. Perkutut Sampang 69213
6.                                                  
Imam Syafi’ie, S.Pd

087854393636
087771277742
Jl. Imam Ghazali Sampang
7.                                                  
Sri Mahmudah, S.Pd
087849354465
085259861542
Dusun Krampon Tengah, Desa Krampon, Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang
8.                                                 S
Syaiful  Efendi, ST
087850800320
Ketapang Sampang
9.                                                  
Ali Muchsin, S.Pd
082301099453
087849748987
Jl. Kenari No. 166A
Sampang
10.                                              
Sri Aprilianingsih, S.Pd


11.                                              
Agus Wedi, SE



CALL CENTER PRAKERIN : +628193 7212 456









SISTEMATIKA LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
SMK NEGERI 1 ROBATAL
TAHUN 2015

Halaman Judul         
Lembar Pengesahan
Lembar Pengesahan Ujian
Kata pengantar
Daftar Isi

BAB I         :    PENDAHULUAN
A.      Latar belakang
B.       Tujuan prakerin
C.      Sasaran pokok prakerin
D.      Tujuan pembuatan laporan prakerin
E.       Metode pengumpulan data

BAB II        :    PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
A.   Waktu dan tempat pelaksanaan prakerin
B.    Implementasi Kegiatan Praktek Industri
C.   Kompetensi dan  pengalaman yang didapatkan  selama prakerin
D.   Masalah yang dihadapi dan penangan Masalah

BAB III       :    PENUTUP
A.     Kesimpulan
B.      Saran


Lampiran
1.      Kartu bimbingan laporan prakerin
2.      Nilai Prakerin
3.      Jurnal Harian
4.      Daftar Hadir
5.      Dokumentasi/Foto Kegiatan Prakerin 2015 (4 lembar foto)













RAMBU-RAMBU PENULISAN
 LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
SMK NEGERI 1 ROBATAL
TAHUN 2015

1.      Menggunakan bahasa yang baik dan ejaan yang disempurnakan.
2.      Tatacara penulisan menggunakan aturan penulisan karya tulis ilmiah (sesuai contoh) antara lain sebagai berikut :
-      Jarak spasi      :  1,5
-      Jenis huruf      :  Time new roman 12
3.      Menggunakan kertas F4 (Folio) 80 gram.
4.      Batas/margin penulisan pada kertas :
Atas            :      2.5 cm
Bawah        :      2 cm
Kiri              :      3 cm
Kanan         :      2 cm
5.      Dibuat rangkap 2 (dua) disampul soft cover dengan warna sebagai berikut :
Teknik Otomotif                        :    Kuning
Rekayasa Perangkat lunak       :    Ungu
Tata Busana                              :    Biru
Akuntansi                                 :    Hijau



1 komentar:

  1. Saya ingi bertanya terkait Kompetensi yang harus di capai siswa pada saat prakerin. Apa kah ada undang undang yang mengatur atau kah ditentukan disetiap Smk yang bersangkutan.
    Terimakasih

    BalasHapus